KITA TAIKO KURABU

北 太鼓 クラブ

Taiko adalah Kata taiko (太鼓) berarti “drum besar” dalam bahasa Jepang. Di luar Jepang, kata ini digunakan untuk merujuk kepada berbagai jenis drum Jepang (和太鼓, ‘wa-daiko’, “drum Jepang”, dalam bahasa Jepang) dan kepada bentuk seni yang relatif belakangan dalam bentuk ansambel menabuh drum (kadang-kadang lebih khusus disebut, “kumi-daiko” (組太鼓).

Jakarta merupakan Ibukota Negera Republik Indonesia dimana terdapat 2.997 Sekolah Dasar (SD), 937 SMP, 497 SMA, dan 574 SMK Negeri  dan Swasta . Disetiap sek kurikuler, tetapi  di SMK N 36 adalah satu-satunya sekolah yang memiliki ekstra kurikuler TAIKO.

SMK N 36 Jakarta memiliki berbagai kegiatan ekstra kurikuler yaitu: Marawis, Hadrah, Nasyid, Pramuka, Paskibra, MPR, dll. Termasuk Klub taiko yang bernama KITA TAIKO KURABU北 太鼓 クラブ, berarti “TAIKO UTARA”, maksudnya Taiko yang berasal dari Utara Jakarta.  Kita Taiko Kurabu ini terbentuk pada 09 Mei 2010 dengan personil awal berjumlah 6 (enam) orang. Kita Taiko Kurabu dibentuk berdasarkan ide dari para pengajar bahasa Jepang dan kepala sekolah SMK N 36 Jakarta. Dengan tujuan awalnya hanya untuk mengisi ekstra kurikuler dan membina siswa siswi SMK N 36 menjadi orang-orang yang kreatif, mandiri dan berani untuk lebih maju di dunia industri.

Pembina Taiko (Eka Nurhayuni A)

Eka Sensei dan Taufik (ketua Taiko tahun pertama)

Aldy Renaldi (ketua Taiko tahun kedua)